Membangun kota baru superblok dengan Konsep Smart City bagi Ibu kota RI di Kalimantan Timur.



Pengantar :
Menteri PPN/Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa rencana pembangunan ibukota RI yang baru di Provinsi Kalimantan Timur akan menerapkan konsep Smart City yakni mengombinasikan antar kota pemerintahan berbasis teknologi dan berkelanjutan.

Selain itu, mengingat lokasi lahan yang baru di daerah Kalimantan merupakan hutan, Maka konsep desain pembangunan berilham dari konsep Forest City. Konsep hutan kota dimana ruang terbuka hijau (RTH) akan dibentuk minimal 50% dari lahan.

Dalam Ruang Terbuka Hijau (RTH) tersebut akan dibangun taman rekreasi, ruang hijau, kebun raya, komplek perumahan dan saran olahraga yang terintegrasi dengan alam terbuka.

Dan Bappenas memperkirakan bahwa biaya pembangunan untuk ibu kota RI yang baru menghabiskan dana kisaran 465 Trilyun Rupiah. Menurut Presiden Jokowi menyatakan pemerintah akan memberi dukungan  dana bagi pemindahan ibu kota namun tak sepenuhnya berasal dari APBN. Selain dari APBN pemerintah akan mendorong partisipasi dari swasta, BUMN maupun skema kerjasama pemerintah badan usaha.

B. Konsep Superblok:

Berdasarkan paparan di atas maka ada baiknya konsep pembangunan penataan kita menggunakan model superblok, karena Desain superblok adalah sebuah konsep atau ide penataan kota yang berkonsentrasi sedemikian rupa agar bisa lebih rapi dan teratur yang melingkupi gedung kantor pemerintahan , apartemen atau rumah susun, komplek tempat tinggal, tempat olah raga, tempat bermain, pertokoan, mall, cafe yang dibangun menjadi satu tempat untuk membuat orang yang bekerja di perkantoran tersebut tidak perlu bersusah payah melintasi jalan dengan berkendaraan menuju suatu tempat tertentu.

Superblok biasanya dibangun dengan luas minimal 5 hektar. Proyek pembangunan multifungsi ini sebenarnya cocok untuk mendukung pemerintah yang rencana membuat wilayah kota baru sehingga dalam penataan kota agar lebih rapi dan teratur.

Konsep superblok juga bermanfaat untuk mengurangi arus lalu lintas yang padat serta memberikan saluran irigasi yang baik untuk mengurangi dampak banjir yang umumnya terjadi di wilayah kota-kota besar.

Superblok merupakan proyek multifungsi yang didalamnya banyak komponen bangunan individual dijadikan satu tempat yang dinamakan superblok tersebut.

 Bangunan apartemen atau rumah susun adalah konsep solusi perumahan kota untuk tempat tinggal yang berguna untuk mendekatkan seseorang dengan wilayah tempat dimana dia bekerja tanpa harus terjebak macet di jalan raya.

Selain fungsi tempat tinggal yang dekat dengan kantor, proyek multifungsi superblok ini juga dilengkapi dengan fasilitas pertokoan seperti mall dan supermarket. Ini juga merupakan manfaat yang lain adanya bangunan superblok untuk menjangkau masyarakat yang tinggal di area ini untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga agar tidak terlalu jauh untuk menjangkau di daerah yang lain. Fasilitas lainnya bisa juga sarana tempat ibadah seperti Masjid yang mayoritas di Indonesia adalah umat muslim. Bisa menjadikan tempat ibadah yang dekat dengan pemukiman seperti apartemen merupakan ide brilian untuk mempererat  hubungan sillaturrahim antara penghuni superblok di area ini.

Sarana olahraga dan rekreasi juga bisa dibangun di lahan proyek multifungsi ini. Selain untuk sarana hiburan bagi pemukim di area superblok ini, fungsinya juga bisa sebagai paru-paru kota. Tergantung ketersediaan lahan berapa besar luas proyek bangunan multifungsi yang akan dibangun. Sarana olahrega dan rekreasi sangat bermanfaat terutama bagi masyarakat perkotaan. Salah satu alternatif lainnya adalah bisa dibangun sarana rekreasi dan olahraga yang mana dapat ditanami pohon-pohon yang teduh dan padang rumput yang bersih serta fasilitas kolam ikan, air mancur, landscape yang bernuansa alam.

Penutup

konsep superblok merupakan usulan yang sangat memungkinkan untuk membangun ibukota baru searah dengan saran Menteri PPN/Bappenas maupun keinginan presiden Jokowi.

Konsep superblok tersebut sangatlah efisien dalam membangun dan menata wilayah kita karena berkonsep futuristik yakni kita Smart berbasis teknologi Namun berdesain konsep forest city.

Kemudian satu hal lagi bahwa keterlibatan investor lainnya sangat dibutuhkan untuk membangun lingkungan Pendukung konsep kita superblok tersebut.
Para investor bisa menanamkan modal misal untuk pendidikan baik PAUD hingga perguruan tinggi. Atau membangun konsep wisata secara terintegrasi dan berharap akan terpenuhi konsep smart city yakni jangkauan masyarakat akan fasilitas apapun semakin memudahkan dalam beraktivitas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerpen Auditor: Mengungkap Modus Operandi Pemeriksaan Dari Ketidaksengajaan

Cerpen Auditor : Mungkinkah Menyelamatkan Perusahaan Dari Analisis Teori Kebangkrutan?

Kisah Dibalik Kesuksesan Bergulirnya Kembali Kompetisi Sepakbola di Tanah Air