Pentingnya Unsur Pengawasan Sebagai Bagian dari 7 Aspirasi Rakyat Kal-sel Dalam Kapsul Waktu 2015-2085

EKSPEDISI KAPSUL WAKTU 2015-2085:
Pentingnya Unsur Pengawasan Sebagai Bagian dari 7 Aspirasi Rakyat Kal-sel Dalam Kapsul Waktu 2015-2085"

Pada tgl 21 Oktober 2015, BPKP Prov. Kal-srl diundang tuk berkumpul di Kantor Gubernur Kal-sel bersama berbagai lapisan masyarakat dalam Seminar Kebangsaan tuk menyusun 7 aspirasi masyarakat Kal-sel. Aspirasi tersebut akan diserahkan kepada Tim Ekspedisi Kapsul Waktu G-70 nantinya.

Ekspedisi Kapsul Waktu 2015-2085 merupakan program "Ayo Kerja" yg dicanangkan Presiden Jokowi saat HUT ke-70 RI bulan agustus lalu. Gerakan Ayo Kerja 70 tahun Indonesia Merdeka atau disingkat G-70 dilatarbelakangi adanya degradasi rasa nasionalisme atau wawasan kebangsaan, menurunnya rasa kebersamaan dan gotong royong serta tercemarnya karakter bangsa.
Kapsul waktu 2015-2085 berupa tabung baja anti karat ( stainless steel) kedap udara yg nantinya berisi 35 Piagam Harapan yg berasal dari 34 Provinsi dan 1 Pesan harapan Presiden Jokowi, dan nantinya di tahun 2085 akan dibaca oleh cucu kita tentang harapan atau mimpi bangsa indonesia di saat ini.

Dalam seminar tersebut, Tujuh aspirasi yg berisi mimpi dan harapan dari masyarakat Kal-sel disusun dengan mengkristalisasi dari aspirasi masyarakat yg dikirim via email kepada Panitia Daerah sebanyak 1000 aspirasi, kemudian diseleksi menjadi 600 aspirasi yg mewakili, selanjutnya memilah dan memilih menjadi 7 aspirasi bangsa bagi masyarakat Kal-sel.
Kabag Tata Usaha yg mewakili BPKP Provinsi Kal-sel yg dilibatkan dalam Tim Perumus Aspirasi Bangsa ( tim kecil) berusaha memasukkan unsur pengawasan sbg bagian pilar bangsa tuk mewujudkan good governance dan clean government menuju pemerintahan Kal-sel yang bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme ( KKN) sebagai bagian dari 7 aspirasi tersebut.

Sementara itu, perjalanan Tim Ekspedisi Kapsul Waktu 2015-2085 telah dimulai dari titik nol kilometer Pulau Sabang, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan terus bergerak melewati tiap- tiap daerah di pelosok tanah air ( untuk diminta 7 aspirasi harapan di tiap provinsi) dan akan berakhir pada tanggal 20 Desember 2015 di Merauke, Provinsi Papua.
Saat ini, Tim Ekspedisi Kapsul Waktu akan melewati wilayah Kalimantan Selatan pada tanggal 24 Oktober 2015 yg diterima di perbatasan Wilayah Kal-teng dan Kalsel. Kemudian, Penjabat Gubernur Kal-sel akan menyerahkan 7 aspirasi mimpi & harapan masyarakat Kal-sel agar dimasukkan dalam Kapsul waktu. Dan pada tanggal 26 Oktober 2015 tim ekspedisi kapsul waktu kembali melanjutkan perjalanan menuju Provinsi Kalimantan Timur.

0 komentar:

Posting Komentar